Senin, 22 Juni 2015

Resep Cumi Kalio dengan Sajian Menarik



Negara Indonesia memiliki berbagai kuliner yang otentik dan unik. Salah satunya adalah resep kalio cumi, yaitu sejenis masakan cumi-cumi yang dicampuri dengan bumbu kuah warna kuning. Dengan kuah yang kental serta rasa cumi lembut dan kenyal akan nampak sajian ini lezat ketika disantap masih hangat. Cumi-cumi juga memiliki kandungan yang sehat serta bergizi karena merupakan salah satu dari makanan laut yang kandungan vitamin B serta sangat baik bagi kesehatan jantung. Tetapi jangan terlalu banyak juga dalam mengkonsumsinya. Saat ini kami ucapkan selamat mencoba untuk hidangan lezat dan sehat ini. Apa saja sih bahan-bahan resep cumi kalio?

Bumbu halus:
- 5 buah cabai merah kering
- 10 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 5 butir kemiri sangrai
- 1 sdm ketumbar sangrai
- sdt jintan sangrai
- 2 ruas jari kunyit bakar
- Royco
- garam secukupnya

Bahan yang diperlukan:
- 1 kg cumi ukuran sedang (7-8 ekor)
- 1 liter santan dari 1 ½ butir kelapa
- 2 ruas ibu jari lengkuas, parut
- 1 ruas ibu jari jahe, parut
- 2 biji asam kandis

Cara membuat resep cumi:
1.    Bersihkan cumi sampai putih bahkan bening. Masukan bagian kepalanya kedalam badan cumi, lalu semat pada ujung badan cumi-cumi tersebut dengan menggunakan tusuk gigi. Sisihkan.
2.    Campur bumbu sampai halus dengan santan serta bumbu-bumbu lainnya, lalu masak sambil diaduk dengan perlahan sampai mendidih. Kecilkan apinya, teruskan memasak sampai bumbunya matang dan santan semkin menyusut serta keluar minyaknya.
3.    Masukan cumi tersebut, lalu tuangkan Royco masak sampai cumi menjadi matang serta bumbu akan meresap. Lalu angkat dan hidangkan.

Kalio cumi ini biasanya dapat pula telur puyuh sebagai isiandn hiasan, sehingga cumi ini terlihat berisi serta gemuk. Degan menggunakan resep cumi tambahan yang mengandung kelezatan luar biasa yaitu Royco akan memberikan sebuah keajaiban dalam menghidangkan dan bumbunyapun akan sangat berbeda dari pada tidak ditaburi dengan Royco. Jadi jangan lupa untuk penambah gurih dan legitnya di tambahkan Royco.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar