Senin, 29 Juni 2015

Program Diet Rendah Garam

Diet merupakan merupakan sebuah program yang terencana untuk mengurangi dosis sesuatu yang dikonsumsi dengan tujuan tertentu. Beberapa orang banyak yang berasumsi bahwa diet adalah untuk menurunkan berat badan semata, padahal jika mereka paham terhadap pengertian diet yang sesungguhnya tentunya akan lebih terarah seperti diet rendah garam, diet renda kalori, karbohidrat, lemak dan lain sebagainya yang tentunya memiliki maksud untuk membatasi asupan yang menjadi program diet terhadap pengaruh sebuah penyakit seperti jantung, hipertensi, gula darah dan lain sebagainya.

Seperti program diet rendah gula untuk penderita diabetes, diet rendah garam pun dilakukan untuk mereka yang mengalami gejala hipertensi. Beberapa asupan yang mengandung natriumseperti garam dapur, vetcin, soda kue dan juga pengawet tentunya dapat memperparah penyakit hipertensi, namun pada program pengurangannya kita mesti melihat dari seberapa parah tingkatan hipertensinya yaitu :

1. Program diet 1

Program diet 1 diperuntukan bagi mereka yang mengidap hipertensi berat dan mengantisipasinya yaitu sama sekali tidak boleh mengkonsumsi natrium sama sekali. Semua makanan yang dimakan tidak boleh memakai garam dapur sedikit pun pada pengolahannya. Memang hambar tapi itu adalah resiko untuk bisa tetap bertahan dari resiko tekanan darah tinggi yang lebih parah.

2. Program diet 2

Pada penderita edema atau hipertensi sedang memang masih ada sedikit harapn untuk bisa mencicipi garam dapur dalam makannya sehingga tidak terlalu hambar, namun tentunya masih di takar yaitu sekitar setengah sendok teh atau sekitar 2 gram perharinya.

3. Program diet 3

Yang terakhir ini merupakan program diet bagi mereka yang menderita gejala hipertensi ringan sehingga asupan garam perharinya masih banyak yaitu sekitar 1 sendok teh atau 4 gram perharinya. Masih bisa makan tanpa rasa hambar tapi tidak terlalu banyak dan disarankan lebih menguranginya dari takaran yang disebutkan.

Itulah ketiga jenis tingkatan diet untuk mereka yang menderita hipertensi sesuai dengan tingkatan penyakitnya. Hal ini tentunya tentunya menjadi sebuah perhatian bagi mereka yang sehat untuk tetap mengatur pola makannya serta konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti tropicana yang juga baik bagi penderita hipertensi seberat apapun penyakitnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar