Rabu, 03 Juni 2015

Mengelola Air Hujan Secara Efektif


Pengelolaan lingkungan hidup sangatlah penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup di sekitarnya. Jika Anda dan orang-orang sekitar mampu mengolahnya tanpa merusak, maka kualitas kehidupan akan meningkat. Salah satu caranya adalah dengan mengelola air hujan. Indonesia diberkati dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, dan sungguh sayang jika semua terbuang percuma.

Salah satu cara untuk pemberdayaan lingkungan hidup dengan mengelola air hujan adalah :
1. Hindari paving
Hindari penggunaan paving, kecuali untuk rumah, karena akan membuat air hujan sulit merembes ke tanah. Menghindari paving akan membuat genangan air tidak mudah muncul.
2. Biopori
Yaitu teknik membuat lubang dilapisi daun kering yang tugasnya adalah menyerap air hujan sehingga tersimpan di dalam tanah dan menjadi persediaan air.
3. Mengelola air bersama tetangga
Anda dan tetangga satu RT bisa membuat bak penampungan raksasa, yang kemudian digunakan untuk menampung air hujan dan menjadi persediaan di musim kering, dan bisa dimanfaatkan.
4. Membuat filter
Penampungan air hujan begitu saja tentu tidak efektif, tetapi harus menggunakan rainwater utilization system, di mana terdapat filter untuk menyaring air agar menjadi bersih.

Air hujan sangatlah berharga di musim kering, terutama di daerah yang sering mengalami kesulitan air. Jika Anda bisa mengelolanya dengan baik sehingga air tersebut tidak terbuang sia-sia, maka Anda sudah melakukan pengelolaan lingkungan hidup yang tepat, dan ikut berkontribusi dalam membuat lingkungan yang lebih baik bagi semua orang di Indonesia. Namun untuk mengelola lingkungan hidup anda harus memiliki DokumenUKL UPL sebagai upaya yang dilakukan dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup oleh penanggung jawab baik itu perorangan atau perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar