Rabu, 27 Januari 2016

Memilih Tempat Belajar Sekaligus Mengembangkan Diri yang Paling Tepat


Bila selama ini kampus hanya identik sebagai tempat belajar mengajar yang penuh dengan aturan dan juga kurikulum yang memusingkan, maka di IPB (Institut Pertanian Bogor) Anda akan menjumpai sedikit hal yang berbeda. Ada banyak hal yang dilakukan oleh pihak pengelola untuk membuat mahasiswa tidak hanya sekedar mendapatkan pelajaran saja, namun juga bisa mempraktekkan berbagai kegiatan yang telah dia dapatkan di kampus pada lapangan nyata, khususnya untuk bidang pertanian. Meskipun mungkin banyak kampus yang juga mempunyai program seperti ini, tapi hanya di kampus inilah yang akan memberikan banyak hal kepada para mahasiswanya.

Mulai dari hal yang kecil hingga berbagai hal yang besar, semuanya seperti sudah dipikirkan oleh pihak kampus sehingga mahasiswa akan seperti mendapatkan banyak fasilitas dan kenyamanan yang sangat berguna untuk proses mereka menimba ilmu. Beberapa hal tersebut antara lain adalah:

  • Untuk proses pengenalan kehidupan belajar di kampus, mahasiswa ini disediakan asrama bagi yang baru masuk hingga pada pemberian lembaga konseling yang berfungsi untuk memberikan bantuan pemecahan masalah tentang pengajaran yang dialami mahasiswa,
  • Untuk proses belajar, kurikulum serta dosen pengajarnya memiliki kualitas terbaik yang pernah ada sehingga akan bisa memberikan pengetahuan lebih pada mahasiswa,
  • Untuk praktek, disediakan berbagai fasilitas laboratorium yang terbaik sehingga bisa memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa.
Sebagai kegiatan untuk mengembangkan diri, kampus Institut Pertanian Bogor ini juga memberikan banyak sarana berupa kegiatan yang mendukung seperti:

  1. Adanya agenda-agenda pembahasan masalah atau isu terkini terkait bidang pertanian dan pangan dalam bentuk seminar, sosialisasi maupun diskusi terbuka,
  2. Adanya berbagai ekstra kegiatan diluar pelajaran yang bisa dijadikan sebagai ajang untuk mendapatkan teman baru, pelajaran baru serta pengalaman baru.
Pada dasarnya, memang seseorang memasuki usia produktif seperti halnya mahasiswa pada umumnya, mereka membutuhkan sesuatu yang baru agar tidak cepat merasakan bosan dan jenuh dengan berbagai mata kuliah yang dijalani. Berbagai bentuk kegiatan pembelajaran serta untuk menambah pengalaman yang dilakukan oleh pihak kampus IPB (Institut Pertanian Bogor) menjadi sebuah cara jitu agar lulusan mereka kelak bisa memiliki nilai lebih ketika berada di lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar