Selasa, 19 Januari 2016

Anjuran Pola Makan Penderita Diabetes


Diabetes atau dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis, penyakit ini diakibatkan karena penderita tidak dapat secara otomatis mengendalikan kadar gula dalam darahnya karena tidak aktifnya hormon insulin untuk merubah gula menjadi energi sehingga gula akan keluar melalui urine. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang cukup menakutkan karena sulit untuk disembuhkan dan bila sudah parah dapat menyebabkan komplikasi dengan penyakit-penyakit lain. Oleh karena itu untuk mencegah komplikasi jangka panjang perlunya dilakukan pengaturan pola makan penderita diabetes.

Pengaturan pola makan penderita diabetes perlu dilakukan setelah didiagnosa menderita diabetes atau beresiko menderita diabetes. Pengaturan pola makan bagi penderita diabetes difokuskan pada pengaturan gula darah dalam tubuh sehingga para mereka harus lebih memperhatikan pilihan makanan yang akan dikonsumsi terutama makanan berkarbohidrat. Makanan yang harus dipilih penderita diabetes adalah makanan yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks seperti gandum, nasi merah, cereal, sayur bayam, brokoli dan apel, pir, persik. Selain itu para penderita diabetes juga sebaiknya mengkonsumsi alpukat, kedelai, kacang-kacangan yang mengandung lemak baik. Namun sebaiknya penderita diabetes menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula seperti gula pasir, ice cream, cokelat, gorengan, minuman beralkohol, susu tinggi lemak, daging merah, unggas dan makanan yang berkolesterol tinggi seperti seafood. Sebaiknya selama menjalani program pengaturan pola makan para penderita diabetes tetap sarapan, makan teratur dengan porsi secukupnya, jaga asupan kalori dan membuat buku harian sehingga menu diet anda dapat terus terkontrol.

Demikianlah anjuran pola makan penderita diabetes yang dapat kami berikan. Untuk informasi-informasi lain yang bermanfaat untuk kesehatan anda bergabunglah bersama Futuready sebagai konsultan kesehatan anda. Futuready merupakan website pemberdayaan orang untuk membuat keputusan proteksi dan keuangan anda sehingga menyiapkan anda di masa depan dengan lebih baik untuk anda dan keluarga. Selain informasi kesehatan Futuready juga menyajikan konten lain seperti keuangan dan asuransi serta membantu para peserta untuk dapat berinteraksi dengan kami melalui ahli kesehatan, keuangan, dan asuransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar