Rabu, 03 Februari 2016

Inovasi Mahasiswa IPB Jaket Gunung Penyimpan Tenda


Sekarang ini, mendaki gunung adalah hobi yang disukai oleh banyak orang, khususnya mahasiswa. Mengemas keperluan dalam mendaki menjadi suatu hal yang merepotkan, termasuk membawa sleeping bag dan tenda untuk melindungi mereka saat bermalam. Namun, beban yang berat menjadi kesulitan tersendiri ketika mendaki. Hal inilah yang menjadi latar belakang mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) untuk membuat jaket gunung penyimpanan tenda.

Jaket ini didesain khusus sehingga memiliki keunggulan khusus bagi mahasiswa yang ingin mendaki. Berikut ini adalah beberapa keunggulannya, yaitu:

  1. Lebih praktis dan efisien saat dibawa.
  2. Jaket ini merupakan penggabungan dari beberapa fungsi penyimpanan, yakni perlengkapan tenda, rain coat (jas hujan), dan sleeping bag.
  3. Dapat melindungi tubuh dari udara dingin.
  4. Meringankan beban bawaan.
Mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang menemukan inovasi ini adalah Zahwan Jamaludin, Rico Juni, Ikhwan Hanif, Panji Laksono, Venza Rhoma, dan Megawati. Nama yang mereka berikan pada jaket ini adalah Zaphanza. Jaket ini dapat memuat beberapa perlengkapan lain, seperti peluit, sarung tangan, tenda kapasitas 3 orang, peralatan makan, senter, kompas, dan kotak P3K. Mereka memanfaatkan segala sisi dari jaket untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan mendaki.

Mungkin, bagi kita yang tidak melihat jaket tersebut secara langsung merasa bingung mengenai beberapa fungsi yang bisa didapatkan hanya dari jaket. Berikut ini adalah bagian dari jaket berikut perannya, yaitu:

  1. Jaket
Bagian yang dimaksud adalah pakaiannya. Jaket ini dapat berfungsi sebagai sleeping bag. Konsep yang digunakan ialah tanpa sesak sehingga nyaman untuk digunakan saat tidur.

  1. Celana
Apabila celana ini dijulurkan dari jaket, maka akan berfungsi sebagai rain coat yang akan melindungi tubuh kita dari udara dingin di gunung.
 
  1. Sisi dari jaket
Berbagai sisi jaket dapat digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan mendaki gunung.

Demikian inilah beberapa informasi mengenai mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) yang membuat inovasi jaket gunung sebagai penyimpanan tenda dan perlengkapan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar