Kamis, 19 November 2015

Mengenal Alat-Alat Medis




Setiap orang tanpa kecuali pasti akan merasakan keadaan sakit di hidupnya, baik itu penyakit yang parah maupun skala biasa. Hal ini tentu harus ditunjang dengan berobat, tetapi terkadang pengobatan juga tak harus ke dokter, melainkan bisa dilakukan sendiri, khususnya jenis masalah kesehatan yang ringan. Alat kesehatan merupakan satu dari sekian banyak peralatan yang sebenarnya wajib ada di rumah Anda.

Peralatan kesehatan tersebut nantinya bisa membantu di saat-saat darurat, seperti misalnya keadaan sakit pada malam hari dimana tak ada satu pun toko obat yang buka atau mungkin sebagai pertolongan pertama. Di dalam bidang medis sendiri alat ini juga menjadi bagian paling krusial. Apalagi hal ini juga terkait dengan menyelamatkan sebuah nyawa. Sterilitas atau kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dalam peralatan ini. Kenali beberapa alat yang memang wajib disterilkan, yaitu :

  • Peralatan yang terbuat dari logam, bahan ini mudah sekali berkarat, diantaranya adalah pinset, untuk itu setelah digunakan dalam proses pembedahan maka penting mencucinya dengan alkohol.
  • Alat-alat yang terbuat dari kaca, umumnya digunakan dalam lab untuk uji sebuah obat atau sejenisnya.
  • Alat yang terbuat dari karet, macamnya sendiri adalah sarung tangan, dalam proses pembedahan sarung tangan digunakan agar tak berhubungan langsung dengan obyek yang akan dibedah, biasanya sekali pakai, namun sebelum digunakan para pelaku medis wajib untuk mensterilkannya.
  • Alat-alat dari plastik yang umumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan, seperti kantung infus dan darah.
  • Beberapa alat yang terbuat dari bahan ebonit dan digunakan selama proses pembedahan.
Alat-alat medis memang sering kali berhubungan dengan penyakit, sehingga jika tak ingin menularkan kepada orang lain seorang pelaku di bidang ini dituntut untuk selalu menjaga kebersihannya. Tak hanya dari alat bahkan tempatnya pun senantiasa harus bersih. Sekarang Anda tahu bukan bahwa menjaga alat kesehatan sangat penting dilakukan, apalagi yang ada dalam kotak P3K di rumah Anda. Cara membersihkan satu alat dengan yang lainnya juga tergolong berbeda bergantung pada masing-masing bahan pembuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar