Senin, 20 April 2015

Langkah Perencanaan Pindah Hosting

Anda tidak lagi puas dengan pelayanan hosting anda yang lama? Apakah anda saat ini ingin segera pindah ke layanan hosting murah lainnya? Jika memang anda berniat untuk pindah hosting, maka sebaiknya anda memulai perencanaan pindah hosting setidaknya satu atau dua minggu sebelum akun yang ada di layanan lama anda habis masa berlakunya. Hal ini agar terdapat cukup waktu untuk melakukan proses pendaftaran pada layanan baru yang umumnya membutuhkan waktu 1 hingga 3 hari kerja, penyesuaian aplikasi atau script website dengan lingkungan server yang baru, serta penggantian NS selama paling tidak 1 hingga 2 hari.

Jika akun yang ada pada layanan lama anda sudah mendekati masa expire, sebaiknya mungkin anda terlebih dahulu memperpanjang masa hosting pada layanan yang lama. Setidaknya anda harus memperpanjang nya selama 1 bulan, kecuali jika anda tidak perduli mengenai adanya downtime selama berhari-hari. Misalnya saja seperti akun hosting harga murah milik anda memang sudah expire serta website anda memang sudah tidak dapat lagi diakses.


Demikian halnya perhatian anda juga perlu diberikan kepada masa berlaku dari domain milik anda selain dari hosting murah. Sebaiknya domain milik anda tidak expire ataupun mendekati masa expire agar lebih mudah di dalam melakukan pergantian kontrak maupun DNS. Hal ini terutama sangat penting untuk domain .id, dikarenakan proses pembayaran yang dilakukan untuk perpanjangan hingga aktivasi kembali domain memang membutuhkan waktu paling tidak selama 1 hingga 2 hari kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar