Kamis, 03 Januari 2013

Apple Tea, Minuman Nasional Turki


Teh adalah salah satu bagian penting dari budaya Turki, menawarkan teh untuk tamu merupakan bagian dari keramahan warga Turki, kebiasaan minum teh sendiri dapat di jumpai dimana – mana di Turki. meskipun pada kenyataannya popularitas minum teh sendiri di Turki baru terkenal di abad ke- 20. Pada awalnya dorongan mengkonsumsi teh sendiri merupakan alternatif dari kebudayaan mengkonsumsi kopi, yang telah menjadi mahal dan kadang-kadang tidak tersedia pada masa setelah perang dunia II. Setelah kehilangan Asia Tenggara pada masa kejatuhan kekaisaran Ottoman, Kopi menjadi barang impor yang mahal dan langka.
Maka demi menjaga kelangsungan budaya minum tersebut, para penguasa negeri mendesak masyarakatnya untuk mengganti kebiasaan minum kopinya dengan membudayakan kebiasaan minum teh kesemua kalangan masyarakat tanpa kecuali. Yang memang pada akhirnya membudaya dan mengakar hingga saat ini.

Kebudayaan minum teh di Turki, melahirkan keanekaragaman cita rasa teh tersendiri. salah satu keunikan dari keanekaragaman teh di Turki adalah Apple Tea. Apple Tea atau teh apel atau elma cay dalam bahasa turki, sangat populer hingga menjadi minuman ringan nasional di turki. Terbuat dari kualitas daun teh hitam yang dicampur dengan rempah-rempah dan sari apel. Terkadang ditambah juga sari buah-buahan yang lain untuk  memberikan alternatif rasa yang unik. Apple Tea ini selain rasanya yang enak juga sangat menyegarkan. Disajikan dingin dengan es, Apple Tea sangat menyegarkan terutama saat  musim panas tiba. Sedangkan saat musim dingin, sajian Apple Tea hangat menciptakan kesan hangat menenangkan . Disajikan panas ataupun dibuat es, dua-duanya sama nikmat. Meminum Apple Tea berkhasiat juga bagi kesehatan dan secara medis sudah diakui. Oleh para peneliti sendiri, Apple Tea dikatakan sebagai minuman diet bergizi karena secara signifikan mengurangi oksidasi dan kolestrol jahat. Unik,Enak dan Sehat Itulah Apple Tea. Tertarik untuk mencicipi?

Sumber  :         http:// en.wikipedia.org/wiki/Turkish_tea
             http://www.lipton.co.id/tealibrary/appletea#product
            http://how_5470494_brew-turkish-apple-tea.html/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar