Rabu, 06 Februari 2013

Khasiat Teh hijau


manfaat teh hijau untuk diet
Minuman asal Jepang yang kini tengah populer di Indonesia adalah Teh hijau atau dalam bahasa Jepang disebut ocha. Teh ini dikenal banyak mengandung khasiat yang menyehatkan bagi tubuh Anda. Pada dasarnya, teh hijau ini sama dengan jenis teh biasa yang lain. Yang membuat teh hijau berbeda hanyalah proses pengolahannya. Cara pengolahan teh hijau ialah dengan memanaskan atau mengukus daun teh mentah yang baru saja dipetik. Proses pemanasan ini berlanjut sampai daun teh mengalami oksidasi minimal. Dengan cara pengolahan yang berbeda itulah daun teh biasa ini menghasilkan teh hijau yang luar biasa berguna untuk kesehatan tubuh. Begitu banyak khasiat yang dapat diperoleh dari teh hijau antara lain adalah Manfaat Teh Hijau Untuk Diet.
Hasil penelitian para ahli mengatakan bahwa dalam segelas teh hijau terkandung 300-400 mg senyawa polifenol dan 100-200 mg di antaranya adalah EGCG yang dapat memicu terjadinya penurunan berat badan. Adapun Manfaat Teh Hijau Untuk Diet antara lain adalah:
·         Dapat mengurangi nafsu makan
Penelitian para ahli dari University of Chicago menghasilkan kesimpulan bahwa ekstrak teh hijau yang disuntikkan pada seekor tikus setiap hari selama satu minggu, dapat mengurangi nafsu makan tikus tersebut hingga 60%. Hal ini berkaitan dengan reaksi gula darah dalam tubuh terhadap teh hijau.
·         Dapat mengurangi penyerapan lemak
Khasiat teh hijau yang lain adalah dapat mencegah terjadinya penyerapan lemak. Hal ini disebabkan karena teh hijau yang mengandung banyak katekin dapat menghindari proses perubahan glukosa menjadi sel lemak. Teh hijau juga dapat memperlambat peningkatan gula darah setelah makan, dan mencegah kenaikan insulin yang dapat menimbun banyak lemak.
·         Dapat meningkatkan metabolisme
Hasil penelitian mengatakan bahwa ekstrak teh hijau dapat menambah energi dalam tubuh. Dan setelah 24 jam, ekstrak teh hijau bisa meningkatkan metabolisme hingga 4%. Hal ini terjadi karena tingginya konsentrasi katekin polifenol, antioksidan yang terkandung pada teh hijau. Keberadaan senyawa tersebut, mampu meningkatkan intensitas oksidasi lemak dan termogenesis atau pembakaran kalori dalam tubuh.


Sumber:
www.resepbunda.biz/2012/05/25/manfaat-teh-hijau-untuk-menurunkan-berat-badan-efek-sampingnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar