Jumat, 08 Januari 2016

Nilai-Nilai Budaya Korporat Yang Ditanamkan Di IPB




Sebagai salah satu kampus favorit yang ada di Indonesia, IPB (Institut Pertanian Bogor) dikenal sebagai perguruan tinggi yang memiliki nilai akreditasi sangat baik. Nilai tersebut tentu saja didapatkan karena seluruh fasilitas akademik yang diberikan sangatlah berkualitas tinggi. Tak heran jika lulusan IPB memiliki kompetensi yang handal dalam bidangnya masing-masing. Hal ini dikarenakan seluruh nilai budaya korporat yang ditanamkan senantiasa berjalan dengan baik. Alhasil, semua perkembangan dan kemajuan pendidikan yang diterapkan pun senantiasa bergulir dari hari ke hari.

Terdapat 7 nilai budaya korporat yang ditanamkan di Institut Pertanian Bogor. Berikut ini 7 nilai budaya korporat yang dimaksud, antara lain :

  1. Keunggulan akademik yang jujur, objektif, taat azas, manusiawi, nasionalis, inovatif, ilmiah, visioner dan mandiri.
  2. Spiritualisme berdasarkan nilai ibadah dan keimanan yang seimbang antara hak dan kewajiban, seimbang antara usaha dan berserah diri, introspeksi, keikhlasan dan akhlak mulia dalam bekerja.
  3. Gigih, bersemangat, bekerja cerdas dan tidak mudah putus asa terhadap proses, tujuan dan strategi.
  4. Senang bekerjasama, membangun sinergi, jaringan kerja dan kolaborasi dengan sikap saling menghargai, mengingatkan dan saling membutuhkan.
  5. Empati dan peduli terhadap lingkungan dan orang lain.
  6. Tanggung jawab dalam tugas, tidak egois dan melaksanakan layanan prima untuk kinerja terbaik.
  7. Komitmen melaksanakan pekerjaan secara konsisten, konsekuen sesuai norma yang berlaku.

Itulah beberapa budaya yang senantiasa digali dan diterapkan dalam seluruh aktivitas perkuliahan yang diterapkan di IPB dari masa ke masa. Dengan menjadikan ketujuh budaya korporat tersebut sebagai landasan aktivitas perkuliahan yang dijalankan, tentu saja hasil yang didapatkan terasa sangat maksimal. Kualitas alumni dan mahasiswa IPB semakin meningkat berkat budaya yang ditanamkan dengan baik sesuai visi misi yang ditentukan.

Kualitas mahasiswa IPB pada dasarnya bukan hanya dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya korporat yang diterapkan, namun juga dipengaruhi oleh kualitas fasilitas pendidikan yang diberikan dan kualitas dari tenaga pengajar atau dosen yang bekerja sama. Berkat keseimbangan kualitas yang terus maju dan berkembang, tak salah jika IPB (Institut Pertanian Bogor) dinobatkan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di nusantara.

1 komentar:

  1. This article will help the internet people for setting up new weblog or even a weblog from start
    to end.
    Qassim & QU w1d2z

    BalasHapus